Mencintai Profesi Sebagai Guru

27/01/2010 09:10

Apakah Anda sebagai seorang guru benar-benar mencintai profesi Anda? Apabila Anda memutar kembali waktu yang telah berlalu, apakah Anda masih akan memilih profesi sebagai guru?

 

Banyak orang meragukan kesejahteraan hidupnya apabila menjadi seorang guru. Sering kita dengar bahwa seorang murid dapat menjadi seorang direktur sebuah perusahaan besar, sedangkan seorang guru akan tetap pada profesi dan kehidupannya yang sederhana. Karena hal inilah akhirnya seseorang berganti haluan dan melepaskan cita-citanya menjadi seorang guru. Itulah gambaran kehidupan yang sering kita lihat.

 

Apabila Anda pernah meragukan apakah profesi guru adalah profesi yang tepat untuk Anda maka coba renungi dan pikirkan kembali alasan Anda untuk memilih menjadi guru pertama kali. Jika Anda adalah seseorang yang senang mempelajari hal-hal baru dan senang membantu orang lain dengan mengajarkan hal-hal baru kepada mereka, berarti karir sebagai seorang guru adalah karir yang tepat untuk Anda.
 
Jika kita pertimbangkan, menjadi seorang tenaga pendidik sangatlah menyenangkan. Bayangkan Anda menjadi seseorang yang memegang kendali dalam kelas, dapat berkomunikasi dengan orangtua murid, menghabiskan waktu seharian dengan anak-anak, dan berbagai kegiatan lain yang telah dilalui. Rasanya sangat bervariasi hidup ini. Tidakkah Anda senang apabila Anda mengetahui bahwa salah satu dari murid Anda dulu telah menjadi seseorang yang sukses dalam profesi yang ditekuninya?

 

Saya melihat bahwa menjadi seorang guru merupakan suatu tantangan tersendiri. Guru harus berusaha membuat anak didiknya mengerti akan apa yang diajarkan. Menurut saya, mengetahui bahwa seseorang yang pernah kita ajari telah menjadi seseorang yang berhasil merupakan hadiah yang luar biasa dan tak terhingga nilainya. Rasanya tidak sia-sia apabila Anda dulu dengan bersusah payah membimbingnya.

 

Jadi jika seseorang mengatakan apakah Anda yakin dengan pilihan hidup menjadi seorang guru? Kini Anda dapat menjawabnya dengan percaya diri dan dari hati nurani yang paling dalam bahwa guru memang profesi yang tepat untuk Anda. Tekankan pada diri sendiri bahwa Andalah pemegang kendali hidup Anda dan dengan menjadi seorang guru, hidup Anda menjadi lebih berwarna.

 

Copy-paste by W19NY

Sumber www.duniabelajar.com

 

—————

Back


Contact

Sekolah Alam Rumah Matahari

PG - TK - RA
Jl. Raya Dungus - Krian Km. 02 Bangsri - Sukodono, SIDOARJO - JAWA TIMUR 61258
Telp: 0882 1724 9953


SD Alam Rumah Matahari
Jl. Klagen Wilayut Desa Wilayut - Sukodono, SIDOARJO - JAWA TIMUR 61258
Telp: 0851 0382 3334